Ahli Sumur Bor Yogyakarta

Jumat, 28 Juni 2019 - 09:20:16 WIB

Ahli Sumur Bor Yogyakarta Pakai Cara Ini Untuk Menjernihkan Air

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Itulah kenapa air bersih akan selalu menjadi kebutuhan yang urgen sifatnya bagi manusia. Pasalnya, tubuh yang kekurangan air beberapa persen akan terganggu keseimbangannya. Ahli sumur bor Yogyakarta hadir demi memenuhi kebutuhan air bersih itu.

Kenapa Air Sumur Kotor?

Air sumur kotor disebabkan banyak faktor – bisa karena tercemar limbah, kandungan besi yang banyak, dll. Karena itu, ketika ingin membuat sumur, entah itu sumur bor atau sumur gali, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal, antara lainnya:

  1. Sumur berjarak 10 meter dari tempat lubang pembuangan kakus atau WC.
  2. Sebaiknya buat sumur dengan kedalaman minimal 10 meter, lebih dalam lebih bagus.
  3. Hindari penggalian sumur di tanah yang sebelumnya pernah digunakan untuk tempat pembuangan sampah. Walaupun sampah sudah tidak ada, tapi bakteri dan kuman masih tertinggal di area tersebut.
  4. Hindari pula menggali sumur di area bekas rawa.

Bila memperhatikan kriteria tanah tersebut, mudah-mudahan kualitas air sumur Anda akan terjaga. Berikut ini ada 5 tips dari ahli sumur bor Yogyakarta yang bisa diterapkan untuk menjernihkan air.

#1 Tawas

Tawas sudah dikenal bertahun-tahun sebagai bahan yang mampu menjernihkan air sumur. Bentuk tawas mirip dengan batu kristal berwarna putih pekat. Untuk mendapatkan tawas, Anda bisa membelinya di toko material terdekat. Lalu bagaimana cara kerja tawas menjernihkan air?

Hancurkan satu kilogram tawas sampai halus, lalu campurkan dengan air di dalam wadah. Langkah selanjutnya, Anda tuangkan larutan tawas ini ke dalam sumur. Tunggu beberapa saat. Jika air masih belum jernih, Anda bisa membuat larutan tawas dengan setengah hingga satu kilogram tawas.

#2 Arang Tempurung Kelapa

Arang berbahan tempurung kelapa disinyalir memiliki bahan karbon aktif yang sanggup mengikat kotoran pada air sumur. Anda bisa membeli arang tempurung kelapa dimanapun – di pasar, warung, toserba, atau buat sendiri (jika ingin repot). Terus bagaimana pengaplikasiannya?

Bungkus arang kelapa memakai kain, lalu ikat dengan tali rafia panjang agar nanti bisa diangkat. Langsung masukkan bungkusan arang kelapa dengan kain. Sesuaikan arang yang akan dipakai dengan lebar dan kedalaman air sumur.

#3 Ijuk

Ijuk dibuat dari serat pohon aren, yang umum dipakai untuk membuat sapu ijuk. Tahukah, ternyata ijuk juga bisa dipakai untuk menjernihkan air sumur. Bagaimana caranya?

Pakai ijuk berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar satu meteran. Jalin sekitar lima rangkaian sapu ijuk, lalu ikat dengan tali dan beri pemberat (batu bata, batu kali, dan lainnya). Masukkan jalinan sapu ijuk ini ke dalam sumur. Jika masih mengapung, Anda bisa memakai sebilah bambu untuk menenggelamkannya.

Sebagai catatan, hasil cara menjernihkan air dengan memakai ijuk ini tidak bisa instan. Anda perlu menunggu beberapa hari sebelum ijuk bekerja menyerap kotoran di dalam air.

#4 Membuat Filter

Ketiga cara di atas tidak mempan membuat air sumur Anda menjadi bersih lagi? Mungkin Anda perlu menggunakan filter untuk menjernihkan air sumur.

Tidak perlu beli filter dengan harga mahal. Buatlah sendiri. Selain lebih murah, itu membuat Anda lebih kreatif. Jika tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan jasa ahli sumur bor Yogyakarta untuk melakukannya. Nah, bagaimana cara membuat filter air sederhana?

Anda membutuhkan bahan-bahan berikutnya:

  • Botol bekas air mineral (bisa diganti galon)
  • Gunting / pisau
  • Kapas / kapas
  • Arang tempurung kelapa sudah dihancurkan (bisa diganti pasir)
  • Kerikil kecil
  • Kerikil besar

Langkah pembuatan filter air, yaitu”

  1. Potong bagian bawah botol bekas air mineral. Bagian tutup botolnya dilubangi memakai obeng / pisau.
  2. Masukkan kapas atau kain hingga menyentuh bagian tutup botol – ketinggian 2 inchi.
  3. Setelah itu, Anda bisa masukkan arang tempurung kelapa (yang sudah dihancurkan) atau pasir – ketinggian 2 inchi.
  4. Masukkan kerikil kecil – ketinggian 2 inchi.
  5. Tambahkan dengan kerikil besar – ketinggian 2 inchi.
  6. Setelah itu tuang air yang kotor dan keruh ke dalam botol, lalu lihatlah apakah air yang sudah disaring itu masih kotor atau sudah jernih. Seharusnya air sudah jernih.

#5 Menguras Air

Menguras air sumur, mungkin, perlu dilakukan untuk menjernihkan air yang ada di dalam sumur. Tidak menutup kemungkinan air sumur keruh dan kotor akibat lumut yang muncul pada dinding atau dasar sumur. Anda bisa memakai cara terakhir ini bila keempat cara di atas tidak membuahkan hasil.

Jika belum memiliki sumur bor di rumah Jogja, sebaiknya Anda menghubungi ahli sumur bor Yogyakarta, sehingga mendapatkan kualitas air terbaik. Anda berhak mendapatkan air berkualitas terbaik.

Cari Artikel Kami
Alamat Kami
Alamat :
Jl.veteran no.89 Yogyakarta

WA : 085729300048
TELEPON: 085100196741
email : javasumur@gmail.com
Twitter
Statistik
Partner
Sosmed