Jasa Sumur Bor Sedayu Bantul

Rabu, 01 April 2020 - 21:38:30 WIB

Sumur Bor Sebagai Alternatif Sumber Mata Air

Apa itu sumur

Air merupakan kebutuhan primer bagi banyak orang. Karena banyak sekali aktivitas atau kegiatan yang sangat membutuhkan air, mulai dari rumah tangga, industri, dan perkantoran. Disebabkan karena kebutuhan akan air  yang begitu banyak, masyarakat memilih berbagai jenis pemasok air dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Banyak sekali jenis sumber mata air yang digunakan oleh masyarakat di Indonesia, mulai dari pasokan air dari PAM (perusahaan penyuplai air bersih), sungai dengan pompa air, dan juga andalan sumber mata air yaitu melalui sumur.

Dari sekian jenis sumber mata air yang sering digunakan oleh masyarakat, sumur masih menjadi pilihan alternatif dan terbaik yang digunakan untuk memperoleh pasokan air bersih. Alasannya karena biaya pembuatan yang lebih terjangkau, bisa digunakan individu atau secara  bersama-sama, dan jumlah air yang selalu ada atau jarang habis meski kemarau melanda. 

Bagi anda yang masih asing dengan sumur, sumur merupakan sebuah galian yang sebagian besar berbentuk lubang dengan diameter satu atau sampai dua meter atau lebih yang diberi dinding pada galian yang berfungsi untuk mengalirkan air bersih. Sumur sendiri masih ditemui di pedesaan karena lahan yang masih tersedia dan sumber mata air masih banyak ditemukan. Sumur juga masih bisa ditemukan di perkotaan namun jumlahnya sudah sedikit dan jenis yang digunakan juga berbeda. Hal ini dilatarbelakangi karena masyarakat perkotaan telah beralih pada pasokan air bersih dari PAM karena tak perlu bersusah payah membuat sumur dengan kualitas air yang tidak bisa ditebak. Cukup berlangganan dengan  membayar jumlah tagihan perbulannya, air bersih sudah bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski sama-sama memiliki nama sumur dan menghasilkan sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan, ternyata sumur memiliki beberapa macam jenis yang berbeda yang disesuaikan  dengan proses pembuatan dan fungsi penggunaannya. 

Sumur Gali

Jenis sumur satu ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan khususnya di daerah pedesaan. Sesuai dengan namanya, proses pembuatan sumur ini digali. Pembuatan sumur gali tak memakan biaya yang banyak, karena dalam proses penggaliannya hanya menggunakan peralatan yang sederhana, seperti linggis, cangkul, pengki, dan ember untuk mengeluarkan tanah bekas galian.

Karena peralatan yang digunakan alat sederhana tentunya proses pembuatan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan proses pembuatan jenis sumur yang lain. Sebelum melakukan penggalian, pembuat sumur perlu dilakukan pencarian dan menentukan tanah yang memiliki sumber mata air untuk bisa digali. Hal ini bertujuan agar proses penggalian tidak menjadi sia-sia, karena air yang tidak muncul. Dalam proses finishing gunakan gorong-gorong atau material lain dengan tujuan membuat dinding sumur tidak mengalami longsor.  

Sumur Pompa Tangan

Kemudian ada jenis sumur pompa tangan. Jenis sumur satu ini bisa menjadi salah satu alternatif jika anda ingin memiliki sumber air sendiri tapi tidak memiliki lahan yang cukup luas. Untuk memiliki sumur pompa tangan, proses pembuatannya cukup sederhana dengan peralatan yang lebih canggih. 

Proses pembuatannya dengan cara menggali tanah menggunakan cara mengebor  hingga kedalaman tertentu untuk mendapatkan sumber air yang diinginkan. Setelah proses pembuatan sumur selesai, kemudian galian akan dipasangi dengan pipa hisap yang bertujuan untuk mengalirkan sumber air, yang mana ujung atasnya akan disambung dengan pompa air manual. Jadi penggunaannya cukup dengan memompa gagang dengan tangan, dan air bersih akan mengalir untuk memenuhi kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan jasa sumur bor Sedayu Bantul agar bisa memiliki sumur pompa tangan sendiri.

Sumur Bor

Sumur bor merupakan jenis umur yang  banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan, karena pembuatannya sama dengan sumur pompa tangan yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Proses penggalian sumur bor sampai mengeluarkan sumber mata air terbilang relatif lebih cepat. Hal ini dikarenakan proses pembuatan sebuah sumur bor sudah menggunakan peralatan yang canggih. Proses penggaliannya dengan cara memasukkan mata bor yang telah tersambung dengan sebuah pipa besi yang ditancapkan vertikal ke dalam tanah. Mata bor yang dimasukkan ke dalam tanah, difungsikan untuk menaikan material tanah dan lumpur hasil dari pengeboran.

Untuk dinding sumur, dibuat dengan menggunakan pipa paralon yang dimasukkan ke dalam lubang galian yang telah dibor, yang bertujuan agar tanah tidak mengalami longsor. Kemudian akan dimasukkan pipa hisap yang ujung bawahnya terdapat saringan dan dop. Kemudian pada ujung atas pipa akan disambungkan dengan mesin pompa agar air dapat di alirkan ke permukaan tanah. Dalam kasus kemarau panjang di penghujung tahun 2019, banyak masyarakat yang melakukan pemesanan sumur bor, karena mampu mendapatkan sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan air dan tidak kekurangan air lagi.

Anda bisa menggunakan jasa sumur bor Sedayu Bantul Jogja untuk mendapatkan sumur bor dengan pengerjaan dan hasil yang memuaskan. Ada beberapa kelebihan dalam memilih sumur bor sebagai sumber kebutuhan air bersih diantaranya;

  1. Air yang diperoleh selalu air dengan kualitas yang bagus alias bersih.
  2. Ketersedian air yang melimpah, jadi tidak perlu khawatir akan kebutuhan air bersih dalam jumlah banyak bahkan saat musim kemarau panjang melanda.
  3. Untuk anda memiliki rumah dengan ukuran kecil, para tenaga pengebor sumur bisa mendapatkan jarak yang ideal dari septic tank sehingga memenuhi aturan kesehatan. Jadi dengan menggunakan jasa sumur bor Sedayu Bantul aturan ini bisa diaplikasikan
  4. Resiko air tercemar limbah sangatlah kecil, karena kedalaman sumur yang berada jauh di bawah.

Sumur Artesis

Sumur artesis merupakan jenis sumur yang kedalaman lubangnya lebih panjang dibandingkan dengan sumur pada umumnya. Biasanya sumur artesis dibuat menggunakan alat lebih canggih dan modern sehingga mampu menembus berbagai jenis lapisan tanah, seperti jenis tanah berlumpur hingga jenis tanah berbatu. 

Cara pembuatan sumur artesis tak jauh berbeda dengan pembuatan sebuah sumur bor, dimana mata bor dimasukkan hingga ke lapisan tanah yang mengandung sumber mata air. Proses pembuatan sumur  ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli. Kalian bisa menggunakan jasa sumur bor Sedayu Bantul  yang juga  berpengalaman dalam memahami lapisan tanah dan menguasai alat pengeboran yang canggih. Kedalaman sumur artesis  bisa mencapai kedalaman kurang lebih 250 meter dan pada umumnya sumur artesis digunakan oleh jenis perusahaan yang membutuhkan sumber air yang banyak dan melimpah.

Sumur Resapan

Selanjutnya sumur dengan jenis sumur resapan. Sumur resapan difungsikan khusus sebagai penampung air hujan yang meresap ke dalam tanah. Cara membangun sumur satu ini tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan sumur jenis galian, yaitu dengan alat manual dan membuat lubang. 

Sumur ini biasanya dibuat didaerah dengan curah hujan yang tinggi dengan area tanah yang luas. Hadirnya sumur resapan bertujuan untuk meresap air hujan dengan baik. Keuntungan sumur ini mampu mencegah terjadinya banjir, menyuburkan tanah, dan mencegah longsor.

Tirta Mukti Abadi Jasa ahli sumur bor yogyakarta yang sudah berpengalaman di jogja kususnya area sedayu bantul yogyakarta untuk menghubungi kami di nomor telepon atau WA 085729300048.

Cari Artikel Kami
Alamat Kami
Alamat :
Jl.veteran no.89 Yogyakarta

WA : 085729300048
TELEPON: 082230300048
email : javasumur@gmail.com
Twitter
Statistik
Partner
Sosmed